Friday, June 23, 2006

Bumbu Kacang Matang

Ada beberapa cara untuk menyimpan bumbu kacang, ada yang cuman digiling aja , baik digiling kasar ataupun digiling halus,lalu disimpan, baik cum diwadah tertutup ataupun dilemari es bahkan difreezer, ternyata cukup paraktis untuk mempermudah memasak beberapa jenis hidangan,lihat di
"Kegunaan Bumbu Kacang Giling"

Tetapi ternyata juga cukup praktis kalau kita juga mempersiapkan bumbu kacang matang, yang digiling halus untuk beberapa kegunaan. Seperti bumbu sate, ketoprak, gado2, pecel, ayam bumbu kacang, tahu petis, dan macam2 hidangan dengan bumbu kacang halus.

Bahan :

2 kg kacang tanah.
2 buah kelapa ambil santannya jadi kira2 2000 cc
( atau santan kaleng 1 kaleng ditambah air hingga jumlahnya jadi 2000 cc)
2 cm jahe
5 siung bawang putih
5 sdm bawang merah goreng

Goreng kacang dengan minyak sampai hampir matang, masukkan jahenya dan bawang putih, goreng sampai semua bahan matang dan tiriskan.
Haluskan kacang yang sudah digoreng/disangrai bersama jahe dan bawang putih juga bawang gorengnya, kalau bisa giling beberapa kali hingga halus betul.
Bila ingin pedas dapat ditambah kan cabe bubuk, atau cabe merah yang sudah dibuang bijinya agar cantik tidak ada biji cabenya.

Masak kacang halus dengan santan sampai mendidih lalu kecilkan api, masak dengan api kecil sampai keluar minyaknya dan bumbu kacang mengental.
Dinginkan dan simpan dalam beberapa wadah untuk sekali pemakaian. Bila disimpan dalam freezer, tahan sampai 1 tahun.

Bila akan dipakai tinggal dihangatkan tambah bumbu2 yang diperlukan seperti yang tertera pada resep, seperti kalau untuk pecel tinggal tambah kencurdan cabai.
untuk bumbu sate tinggal tambah kecap dan bawang mentah. Dll.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home